Analisis Langkah Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Septrima, Yolanda (2022) Analisis Langkah Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Yolanda_Septrima_16129433_4745_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik khususnya saat diskusi kelompok. Permasalahan yang terjadi dilapangan adalah guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan situasi , kondisi peserta didik. Salah satu altematif model pembelajaran yang digunakan adalah model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan mreggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode penelitian studi literatur dengan teknik pengumpulan datanya mengolah dan menganalisis sumber referensi dari buku atau dijumal ilmiah sehubungan dengan permasalahan penelitian. Setelah mendapatkan data yang diperlukan maka dilanjutkan dengan menganalisis data. Hasil penelitian telah dianalisis 10 jumal menunjukkan bahwasanya hasil terendah terdapat pada Siklus I 47,62% dan yang tertinggi terdapat pada Siklus II 95,24%. Dan rata-rata hasil belajar peserta didik yang telah dianalisis 10 jumal Siklus I memperoleh nilai 65,65 % dan Siklus II memperoleh nilai 85,57% dengan selisih peningkatan 19,92 % maka pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat digunakan dalam belajar mengajar di sekolah dasar dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Dan dari analisis 10 jurnal menunjukkan temyata rata-rata lebih cenderung menggunakan langkah-langkah model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) menurut Trianto (2011). Dan dapat meningkatkan hasil belajar,motivasi,aktivitas,keterampilan kerja sama, pemahaman peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:12
Last Modified: 01 Nov 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40769

Actions (login required)

View Item View Item