Pengembangan Local Instructional Theory (LIT) Topik Perbandingan Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar

Hered, Friska (2022) Pengembangan Local Instructional Theory (LIT) Topik Perbandingan Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FRISKA HERED_17124091_2022.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Perbandingan menjadi materi yang cukup sulit bagi peserta didik. Pembelajaran perbandingan di Sekolah Dasar cenderung disajikan secara konvensional, sehingga peserta didik tidak memahami konsep perbandingan dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Local Instructional Theory (LIT) topik perbandingan berbasis RME untuk memberi pemahaman tentang perbandingan serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research approach) tipe Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari tiga fase yaitu preparing for the experiment, experimenting in the classroom, dan conducting retrospective analyses. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 15 Padang Pasir Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan LIT topik perbandingan berbasis pendekatan RME yang dikembangkan dalam bentuk alur belajar yang memuat tujuan pembelajaran, aktivitas dan prediksi jawaban peserta didik yang diimplementasikan melalui RPP dan LKPD. Dari penelitian ini telah dihasilkan LIT yang valid sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME, praktis dengan kriteria sangat praktis yaitu dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan dan efektif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Desain ini memuat hasil berupa LIT untuk topik perbandingan, yaitu: menemukan konsep perbandingan, menentukan konsep perbandingan senilai, menentukan konsep perbandingan berbalik nilai dan menemukan konsep kecepatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LOCAL INSTRUCTIONAL THEORY, REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:09
Last Modified: 01 Nov 2022 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40767

Actions (login required)

View Item View Item