Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Harga Saham Dengan kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI

Rahmi, Annisa (2021) Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Harga Saham Dengan kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_Annisa_Rahmi_17059042_5435_2021.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Harga saham merupakan faktor yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh investor dalam melakukan investasi, karena harga saham menunjukkan prestasi perusahaan. Harga saham yang terlalu rendah seringkali berarti kinerja perusahaan kurang baik. Namun jika harga saham terlalu tinggi dapat menurunkan kemampuan investor untuk membeli saham tersebut. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi harga saham, salah satunya adalah likuiditas, profitabilitas, dan leverage. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, profitabilitas dan leverage terhadap harga saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian ini terdiri dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama 5 tahun pengamatan, dan diperoleh sampel sebanyak 23 perusahaan atau 115 data sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dan pengujian dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas (CR) berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham. Profitabilitas (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan leverage berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham. Kebijakan dividen memperkuat hubungan antara leverage dan harga saham. Kebijakan dividen tidak dapat memoderasi hubungan antara likuiditas dan profitabilitas terhadap harga saham. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan Leverage dan juga dikuatkan dengan kebijakan dividen, maka akan meningkatkan nilai perusahaan, yang tercermin pada harga saham perusahaan tersebut. Penelitian ini menyiratkan bahwa perusahaan harus mempertimbangkan manfaat dan risiko dari meminjam dana dari pihak ketiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:25
Last Modified: 01 Nov 2022 01:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40762

Actions (login required)

View Item View Item