Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Time Token pada Tema 6 di Kelas IV SD Negeri 10 Sapiran Kota Bukittinggi

Rahmi, Suci Aulia (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Time Token pada Tema 6 di Kelas IV SD Negeri 10 Sapiran Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_suci_aulia_rahmi_18129315_2525_2022.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SDNegeri 10 Sapiran Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Time Token kelas IV SDNegeri 10 Sapiran KotaBukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatakan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik dikelas IV SD Negeri 10 Sapiran kota Bukittinggi dengan jumlah 12 orang peserta didik. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I rata -rata 80,1 % (B) dan siklus II 94% (SB) .Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I rata-rata yaitu 84% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 94% (Sangat Baik). Aspek peserta didik siklus I rata-rata yaitu 84% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 94% (Sangat Baik).Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 77% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 88% (baik).dengan demikian model Time Token dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:22
Last Modified: 01 Nov 2022 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40756

Actions (login required)

View Item View Item