Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Coperative Learning tipe Numbered Head Together di Kelas II SD Negeri 06 Padang Basi Kota Padang

Amanda, Syaiful (2022) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Coperative Learning tipe Numbered Head Together di Kelas II SD Negeri 06 Padang Basi Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SYAIFUL_AMANDA_16129411_3614_2022.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan kegiatan pembelajaran belum sesuai dengan kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang dilaksanakan saat proses pembelajaran, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas II SD Negeri 06 Padang Basi Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 06 Padang Basi kota Padang dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas IL Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I rata-rata persentase keberhasilan dari kedua pertemuan adalah 79,68% dengan prediket baik (Baik) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90,62% dengan prediket sangat baik (A), b) pelaksanaan aktivitas guru siklus I rata-rata persentase keberhasilan adalah 76,56% dengan prediket cukup (C), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan prediket sangat baik (A), c) pelaksanaan aktivitas peserta didik rata-rata persentase keberhasilan adalah 73,43% dengan prediket cukup (C) meningkat pada siklus II adalah 93,75% dengan prediket sangat baik(A), d) hasil belajar peserta didik siklus I 73 meningkat pada siklus II menjadi 90 dengan prediket A. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:22
Last Modified: 01 Nov 2022 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40755

Actions (login required)

View Item View Item