Pengaruh Penggunaan Media Evaluasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang).

Paysa, Mevyola Sri (2022) Pengaruh Penggunaan Media Evaluasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_01_MEVYOLA_SRI_PAYSA_16053102_3959_2022.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu) menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media evaluasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa (studi kasus pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang). Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Media Evaluasi Kahoot sebagai variabel bebas (X)dan Hasil Belajar Siswa sebagai variabel terikat (Y). Desain penelitian ini menggunakan Pre-test dan Post-test Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang sebanyak 356 siswa yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 72 orang siswa yaitu kelas XE.7 sebanyak 36 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XE.5 sebanyak 36 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh di analisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dimana semua analisis diolah menggunakan SPSS versi 22 dengan alpha 0,05. Hasil penelitian berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,009 < 0,05 maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media evaluasi Kahoot pada kelas eksperimen. Dengan demikian penggunaan media evaluasi Kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,102 > 0,05 maka H0 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan media evaluasi Kahoot maupun kelas kontrol yang tidak menggunakan media evaluasi Kahoot (konvensional)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kahoot dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:51
Last Modified: 31 Oct 2022 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40748

Actions (login required)

View Item View Item