Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning dengan Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Bullying

Sitepu, Fatmawati (2022) Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning dengan Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Bullying. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FATMAWATI_SITEPU_19151013_3696_2022.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, (1) menguji perbedaan yang signifikan pemahaman bullying siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi menggunakan pendekatan cooperative learning dengan Teknik Jigsaw, (2) menguji perbedaan yang signifikan pemahaman bullying siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi dengan metode ceramah dan tanya jawab, (3) menguji perbedaan yang signifikan pemahaman bullying antara siswa kelompok eksperimen yang mengikuti layanan informasi menggunakan pendekatan cooperative learning dengan Teknik Jigsaw dengan siswa kelompok kontrol yang mengikuti layanan informasi dengan metode ceramah dan tanya jawab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Experiment dengan desain The Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini sebanyak 32 siswa dengan16 siswa pada kelompok eksperimen dan 16 siswa pada kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik non parametrik. Instrumen penelitian yang digunakan model Skala Biner, data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan Kolmogorov Smirnov 2 Independent Samples dengan bantuan SPSS versi 20. Tesis menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan yang signifikan pemahaman bullying siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi menggunakan pendekatan cooperative learning dengan Teknik Jigsaw, dimana skor posttest lebih tinggi dari skor pretest, (2) terdapat peningkatan yang signifikan pemahaman bullying siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti layanan informasi dengan metode ceramah dan tanya jawab, dimana skor posttest leih tinggi dari skor pretest, (3) terdapat peningkatan yang signifikan pemahaman bullying antara siswa kelompok eksperimen yang diberikan layanan informasi menggunakan pendekatan cooperative learning dengan Teknik Jigsaw dengan siswa kelompok kontrol yang diberikan layanan informasi dengan metode ceramah dan tanya jawab, dimana skor posttest kelompok eksperimen lebih tinggi dari skor posttest kelompok kontrol. Dengan demikian, layanan informasi menggunakan pendekatan cooperative learning dengan Teknik Jigsaw efektif untuk meningkatkan pemahaman tentang bullying sehingga diharapkan perilaku bullying siswa berkurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: LAYANAN INFORMASI, COOPERATIVE LEARNING, TEKNIK JIGSAW, PEMAHAMAN BULLYING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:50
Last Modified: 31 Oct 2022 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40737

Actions (login required)

View Item View Item