Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Bimbingan TIK di Kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Painan

Putra, Dino Adi (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Bimbingan TIK di Kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DINO_ADI_PUTRA_20138011_05_2022.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa UPT SMP Negeri 2 Painan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament yang aktif, merespon dan efektif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 2 Painan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal objektif yang dilakukan uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran Data dianalisis dengan statistik parametris diantaranya uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Serta untuk uji aktivitas dan respon instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang divalidasi oleh dua orang dosen ahli evaluasi pembelajaran dan untuk hasil dari efektivitas dianalisis dengan berdasarkan ketuntasan klasikal dan berdasarkan Gain Score. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan Team Games Tournament (TGT) dengan skor rata-rata kelas ekperimen adalah 78,933 lebih baik dari pada model pembelajaran pembelajaran langsung dengan skor rata-rata kelas kontrol adalah 69,76 analisis tes akhir dimana nilai thitung adalah 9,484 dan ttabel adalah 1,68 dengan taraf nyata 95% sehingga thitung > ttabel dan maka hipotesis penelitian diterima. Serta dilihat dari keaktivan dan respon siswa, didapatkan hasil rata-rata keaktivan adalah dengan persentase 80,9% dengan klasifikasi sangat baik dan untuk hasil rata-rata respon siswa adalah dengan persentase 87,4% dengan hasil klasifikasinya adalah sangat baik. Efektivitas medel pembelajaran Team Games Tournamen pada uji coba efektivitas, didapatkan 87% siswa dapat nilai ≥ 70 yang menyatakan efektivitas secara klasikal dan untuk kelas kontrol didapatkan 43,33% siswa dapat nilai < 70 yang menyatakan tidak efektivitas secara klasikal. Dan ditinjau secara Gain Score mendapat nilai 37,31% (sedang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Efektifitas terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT), terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL TGT, HASIL BELAJAR BIMBINGAN TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:52
Last Modified: 28 Oct 2022 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40732

Actions (login required)

View Item View Item