Pelaksanaan Pembelajaran Baca Alquran di TPA Surau Al­ Ikhlas Jorong Tigo Balai Kenagarian Lubuak Batingkok Kabupaten 50 Kota

Adinda, Septia (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Baca Alquran di TPA Surau Al­ Ikhlas Jorong Tigo Balai Kenagarian Lubuak Batingkok Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_SEPTIA_ADINDA_17005037_2541_2022.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan TPA Surau Al­Ikhlas Jorong Tigo Balai Kenagarian Lubuak Batingkok Kabupaten 50 Kota, santri di TPA Surau Al­Ikhlas senang dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh ustazah. Ustazah di TPA Surau Al­Ikhlas bersikap professional dan tidak pilih kasih serta menghargai setiap kemampuan dari santri. Hal ini diduga karena pelaksanaan pembelajaran yang diselenggarakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pelaksanaan pembelajaran tentang materi belajar, metode belajar, sumber belajar, lingkungan belajar dan evaluasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah warga belajar Taman Pendidikan Alquran Surau Al­Ikhlas Jorong Tigo Balai Kenagarian Lubuak Batingkok Kabupaten 50 Kota. Populasi berjumlah 35 orang dan sampel yang diambil 70% yakni 24 orang dengan teknik penarikan sampel stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dengan alat pengumpulan data berupa daftar pertanyaan tertulis atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) materi belajar sudah sangat bagus, (2) metode belajar sudah bagus, (3) sumber belajar sudah bagus, (4) lingkungan belajar sudah sangat bagus dan (5) evaluasi belajar sudah sangat bagus pada pelaksanaan pembelajaran di Taman Pendidikan Alquran Surau Al­Ikhlas Jorong Tigo Balai Kenagarian Lubuak Batingkok Kabupaten 50 Kota. Disarankan dari hasil penelitian ini kepada ustazah agar mempertahankan pelaksanaan pembelajaran yang sudah sangat bagus dan masih bisa meningkatkan metode belajar dan sumber belajar secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:13
Last Modified: 28 Oct 2022 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40731

Actions (login required)

View Item View Item