Faktor-Faktor Kejenuhan Belajar Selama Masa Pandemi Covid-19 dan Upaya Siswa untuk Mengatasinya di SMP Negeri 16 Padang

Lestari, Shinta Mecha (2022) Faktor-Faktor Kejenuhan Belajar Selama Masa Pandemi Covid-19 dan Upaya Siswa untuk Mengatasinya di SMP Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SHINTA_MECHA_LESTARI_18006324_3904_2022.pdf

Download (730kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan individu- individu yang aktif dan dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya dengan tujuan memperluas pengetahuan, dan seni sehingga memiliki keahlian dan keterampilan. Namun dengan adanya sebuah wabah yang melanda hampir di seluruh dunia termasuk di Indonesia yaitu wabah covid-19, Semua aktivitas lumpuh dikarenakan penyebaran virus yang sangat cepat sehingga perlu penanganan yang lebih. pandemi covid-19 telah merubah segala sektor, salah satu nya sektor pendidikan. Pendidikan merupakan sektor yang banyak terpengaruh dan terkena dampak yang sangat signifikan, sehingga menyebabkan banyak Negara menutup sekolah karena pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar pada siswa dan upaya siswa untuk mengatasinya, dilihat dari faktor kelelahan emosional, kelelahan fisik, kelelahan kognitif, dan kehilangan motivasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa studi kasus. Subjek dari penelitian ini terdiri dari dua orang. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara dengan subjek, mengamati perilaku subjek selama wawancara dan lingkungan social subjek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan observasi dalam menggambarkan faktor-faktor yang menjadi sebab dari kejenuhan belajar pada siswa. Analisis data digunakan tiga tahap antara lain; (1) Mengelola dan menginterprestasi data (2) Membaca keseluruhan data dan (3) Terapkan proses coding, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan thematic analysis dengan menyalin wawancara yang telah diverbalkan. Hasil yang didapat menggungkapkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar pada siswa adalah sebagai berikut; (1) Faktor kelelahan emosional, (2) Faktor kelelahan fisik, (3) Faktor kelelahan kognitif, (4) Faktor kehilangan motivasi dan, (5) Faktor ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:13
Last Modified: 28 Oct 2022 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40730

Actions (login required)

View Item View Item