Peningkatan Basil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Quiz di Kelas IV SD Negeri 12 Padang Kubu Kabupaten Pasaman

Sartika, Ranta Marici (2022) Peningkatan Basil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Quiz di Kelas IV SD Negeri 12 Padang Kubu Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RANTA_MARICI_SARTIKATA_17129399_3094_2022.pdf

Download (612kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu hasil belajar yang rendah, model pembelajaran Team Quiz yang belum pemah digunakan, siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifian. Tujuan dari penelitian mt adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada tematik terpadu dengan model Team Quiz. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 12 Padang Kubu yang berjumlah 16 orang diantaranya 9 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan datanya berupa Dokumen Analisis, observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang terjadi pada siklus I dan Siklus IL Pada perencanaan Siklus I diperoleh rata-rata 81,94% (B) meningkat di siklus II menjadi 94,44% (SB). Pada pelaksanaan Aspek guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 88,63% (SB) kemudian meningkat menjadi 97,72% (SB) pada siklus II dan 85,22% meningkat menjadi 95,45% pada pelaksanaan Aspek siswa. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 69,09 dan 80,46 di siklus IL Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Team Quiz pada pembelajaran tematik terpadu di SDN 12 Padang Kubu kabupaten Pasaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:12
Last Modified: 28 Oct 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40728

Actions (login required)

View Item View Item