Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas V SDN 18 Koto Hilalang Kabupaten Agam

Adha, Riza Nurul (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas V SDN 18 Koto Hilalang Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Riza_Nurul_Adha_18129035_2674_2022.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pengamatan di kelas V SDN 18 Koto Hilalang Kabupaten Agam. Adapun Pengamatan tersebut yaitu: Peserta didik masih belum maksimal dalam melakukan diskusi dan kerja sama dalam kelompok, dalam proses pembelajaran peserta didik kurang menghargai pendapat temannya saat berdiskusi, peserta didik yang pintar dalam kelompok lebih mendominasi saat proses diskusi, guru kurang menyiapkan peserta didik sebelum memulai pembelajaran dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu dengan model cooperative Learning tipe Numbered Head Together di kelas V SDN 18 Koto Hilalang Kabupaten Agam. J enis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Ke las dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 18 Koto Hilalang Kabupaten Agam dengan subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus yaitu siklus I terdiri dari II pertemuan dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Meliputi empat tahapan, diantaranya: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Pengamatan, dan d) Refleksi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan non tes. Hasil dari penelitian ini dapat meningkatkan: 1) RPP siklus I diperoleh rata-rata 83,33% dengan klasifikasi baik (B) dan siklus II diperoleh rata-rata 94,44% dengan klasifikasi sangat baik (SB). Pada aspek RPP terjadi peningkatan sebesar 11, 11 %. 2) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 79,68% dengan klasifikasi cukup (C) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 96,87% dengan klasifikasi sangat baik (SB). Pada aspek guru terjadi peningkatan sebesar 17,01 %, sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik diperoleh rata- rata 78, 12% dengan kalsifikasi cukup (C) dan siklus II diperoleh rata-rata 96,87% dengan klasifikasi sangat baik (SB). Pada aspek peserta didik terjadi peningkatan sebesar 18,75%. 3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 74,54 dengan klasifikasi cukup (C) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 85,12 dengan klasifikasi baik (C) pada aspek hasil belajar terjadi peningkatan sebesar 10,58. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelaj aran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:12
Last Modified: 28 Oct 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40725

Actions (login required)

View Item View Item