Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Quiz di Kelas III SD Negeri 21 Payakumbuh Kota Payakumbuh

Sholeha, Rohimatu (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Quiz di Kelas III SD Negeri 21 Payakumbuh Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ROHIMATU_SHOLEHA_18129207_3816_2022.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pelaksanaan pembelajaran serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD Negeri 21 Payakumbuh. Dalam proses pembelajaran guru kurang membawa siswa belajar dalam situasi kehidupan nyata sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna, pembelajaran yang dilakukan guru masih kurang efektif, masih kurang optimal saat memanfaatkan alokasi waktu, guru masih kesulitan dalam penerapan model pembelajaran sehingga kurang tepat dalam pelaksanaannya, guru kurang dalam meningkatkan daya nalar dan analisis siswa terhadap suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Quiz di Kelas III SD Negeri 21 Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi prosedur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan dengan kerja sama antara peneliti dan guru kelas III. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 21 Payakumbuh yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) perencanaan siklus I memperoleh nilai 88,63% (B) meningkat pada siklus II menjadi 97,72% (SB), (b) pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I memperoleh nilai 86,63% (B) sedangkan aspek siswa memperoleh nilai 81,81 % (B) meningkat pada siklus II pada aspek guru menjadi 95,45% (B) dan aspek siswa juga memperoleh nilai 95,45% (SB), (c) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 80,9 (B) meningkat pada siklus II menjadi 85,85 (B). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri 21 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:12
Last Modified: 28 Oct 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40724

Actions (login required)

View Item View Item