Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas IV SDN 16 Pagambiran Kota Padang

Esa, Sherly Risqia (2022) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas IV SDN 16 Pagambiran Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Sherly_Risqia_Esa_17129410_2435_2022.pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena ditemukan guru yang belum menggunakan model pembelajaran dalam pelaksanaan proses pembelajaran tematik terpadu sehingga proses pembelajaran berjalan monoton. Dalam pembelajaran cenderung bersifat satu arah karena guru banyak menggunakan metode ceramah hal ini membuat siswa tidak aktif mengeluarkan pendapat,siswa juga sulit berkonsentrasi dan memahami pembelajaran hal ini nampak saat proses pembelajaran siswa cendrung ribut dan pembelajaran nampak tidak menyenangkan. Ketika diberikan pertanyaan banyak siswa tidak percaya diri saat memberikan jawaban karena takut memberi jawaban yang salah sehingga kelas cenderung di dominasi oleh siswa yang pintar.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Talking Stick Kelas IV SD Negeri 16 Pagambiran Kota Padang .Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan Jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, dilakukan dengan kerja sama dengan guru kelas. Subjek penelitian adalah guru (Observer), peneliti (praktisi), dan siswa kelas IV SD Negeri 16 Pagambiran yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada proses pembelajaran tematik terpadu. Persentase rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I 75% kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II 82,14% kualifikasi baik (B). Pengamatan aktivitas guru siklus I rata-rata 78,75% kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II 85% kualifikasi baik (B). Pengamatan aktivitas siswa siklus I rata-rata 76,25% kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II 82,5% kualifikasi baik (B). Dengan demikian, model Kooperatif Tipe Talking Stick dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri 16 Pagambiran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:12
Last Modified: 28 Oct 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40722

Actions (login required)

View Item View Item