Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Padang

Adra, Salsabila Fauziyyah (2021) Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_SALSABILA_FAUZIYYAH_ADRA_17180015_4787_2021.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi bahwa motivasi mempengaruhi hasil belajar bahasa Jepang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Padang. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Padang yang berjumlah sebanyak 38 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes dan non tes. Tes pada penelitian ini diambil dari dokumen hasil belajar siswa, sedangkan non tes merupakan angket motivasi. Teknik pengolahan data menggunakan skala likert (Sangat tinggi= 4, Tinggi= 3, Biasa= 2, Rendah= 1). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana untuk menjawab penelitian motivasi terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Jepang siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Padang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,045 < 0,05. Dengan nilai r-square = 0,107 yang artinya pengaruh/kontribusi motivasi terhadap hasil belajar adalah sebesar 10,7%. Kesimpulannya motivasi mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:12
Last Modified: 28 Oct 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40721

Actions (login required)

View Item View Item