Penerapan Model SECI untuk Meningkatkan Kinerja Pustakawan dalam Melayani Pemustaka di Perpustakaan UIN Imam Bonjol

Putra, Deny Kurnia (2021) Penerapan Model SECI untuk Meningkatkan Kinerja Pustakawan dalam Melayani Pemustaka di Perpustakaan UIN Imam Bonjol. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_DENY_KURNIA_PUTRA_17234040_4940_2021.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrispikan model penerapan SECI untuk meningkatkan kinerja pustakawan dalam melayani pemustaka di Perpustakaan UIN Imam Bonjol. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara terdiri dari 3 pustakawan dan 8 pemustaka. Dan menganalisis melalui model SECI dan upaya meningkatkan kinerja pustakawan UIN Imam Bonjol. Hasil penelitian ini yaitu: (1) sosialisasi, pengetahuan yang awalnya berada dalam individu seseorang lalu diolah kembali agar dapat dipublikasikan, dimana pustakawan mengadakan diskusi kelompok pustakawan tiap bulannya; (2) eksternalisasi, pustakawan disana melakukan dua pengelolaan pengetahuan menerapkan secara langsung agar mudah diaplikasikan dan menyimpannya melalui media elektronik seperti artikel dan dibagikan ketika melakukan diskusi pustakawan; (3) kombinasi, penggabungan pengetahuan atau yang telah dikombinasikan akan menghasilkan pengetahuan baru dalam bentuk dokumen, basis data dan lainya, dimana Perpustakaan UIN Imam Bonjol melakukan penggabungan media internet seperti web yang belum memadai, karena web tersebut penerapannya masih baru.; (4) internalisasi, untuk mendapatkan pengetahuan pustakawan sudah melakukan kegiatan seminar, pelatihan, dan mengikuti arahan dari atasan. Untuk upaya meningkatkan kinerja pustakawan: (1) motivasi, daya penggerak yang menciptakan semangat bekerja seseorang, dimana motivasi utama pustakawan UIN Imam Bonjol adalah keberhasilan dalam melayani pemustaka dan meningkatkan kredit skor sebagai pustakawan; (2) pengetahuan, hasil kerja pustakawan dalam memberikan layanan kepada pemustaka dengan maksimal terutama dalam pelayanan informasi yang berkembang dari masa ke masa, di bidang IT, pustakawan belum maksimal menguasainya karena pendidikan pustakawan kebanyakan tidak berlatar belakang perpustakaan ataupun IT; (3) keterampilan, kemampuan yang dimiliki oleh seseorang, dimana kemampuan tersebut bentuk dari penerapan atau proses belajar yang pernah dipelajari. Pustakawan memberikan solusi kepada pemustaka yang tidak menemukan informasi/koleksi di Perpustakaan UIN Imam Bonjol dengan cara meminjam informasi yang terdapat di Perpustakaan lain; (4) mengikuti kemajuan IPTEK, penerapannya belum maksimal karena pustakawan rata-rata tidak berlatar belakang pendidikan IT, penerapannya hanya sesuai kemampuan pustakawan saja dan fasilitas yang digunakan OPAC, e-book, e-jurnal, dan repository, tetapi untuk informasinya masih belum lengkap karena Perpustakaan lebih memaksimalkan koleksi hard copy seperti buku, majalah, dan surat kabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:10
Last Modified: 28 Oct 2022 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40714

Actions (login required)

View Item View Item