Pembuatan Paket Informasi Bakatumbak Kesenian Tradisional Pariaman di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman

Aftarinda, Rafiki (2021) Pembuatan Paket Informasi Bakatumbak Kesenian Tradisional Pariaman di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RAFIKI_AFTARINDA_18026073_ 4389_2021.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini membahas tentang Pembuatan Paket Informasi Bakatumbak Kesenian Tradisional Pariaman di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembuatan paket informasi bakatumbak kesenian tradisional Pariaman dan kendala dalam proses pembuatan paket informasi bakatumbak kesenian tradisional Pariaman. Metode penulisan yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah metode deskriptif yaitu dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan tinjauan pustaka. Tujuan penulisan ini adalah untuk membuat, mendeskripsikan, menggambarkan secara sistematis, dibuat berdasarkan fakta yang akurat mengenai proses pembuatan paket informasi “Bakatumbak Kesenian Tradisional Pariaman”. Berdasarkan hasil penulisan dalam pembuatan paket informasi bakatumbak kesenian tradisional Pariaman di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman, dapat disimpulkan: Pertama, pembuatan paket informasi terdapat beberapa tahapan: (1) identifikasi pengguna, yaitu masyarakat Pariaman yang sudah lupa dengan tradisi yang ada didaerahnya; (2) pengumpulan informasi, pengumpulan informasi dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan tinjauan pustaka; (3) menganalisis dan menyeleksi informasi (4) pembuatan informasi, pada saat melakukan pembuatan ada beberapa kerangka yang penulis susun yaitu cover, kata pengantar, daftar isi, isi buku, penutup dan indeks; (5) evaluasi produk, hal ini dilakukan agar paket informasi sudah layak untuk diimplementasikan, evaluasi yang penulis lakukan yaitu validasi dan uji coba produk; (6) menetapkan cara penyebarluasan informasi, cara yang dilakukan yaitu dengan membagikan ke perpustakaan dan disebarkan melalui internet dan yang terakhir (7) melakukan percetakan produk informasi. Kedua, kendala dalam pembuatan paket informasi: (1) tidak terlaksananya kesenian bakatumbak dikarenakan wabah covid-19; (2) jarak yang ditempuh kelokasi cukup jauh; (3) sedikitnya informasi tentang kesenian bakatumbak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:42
Last Modified: 27 Oct 2022 04:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40702

Actions (login required)

View Item View Item