Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru di SMK N 1 Painan

Oktaviani, Oktaviani (2022) Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru di SMK N 1 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_OKTAVIANI_17002024_2855_2022.pdf

Download (806kB) | Preview

Abstract

Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru memiliki peran yang sangat penting dikarenakan mampu mengembangkan mutu atau kualitas sekolah. N amun kenyataannya, kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru kurang baik di SMK N 1 Painan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Seberapa baik persepsi guru terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru di SMK N 1 Painan, dilihat dari kemampuan kepala sekolah dalam merencanakan kebutuhan guru, kemampuan kepala sekolah dalam mengelola kegiatan pembinaan dan pengembangan profesional guru, dan kemampuan kepala sekolah dalam mengelola pemberian kesejahteraan guru?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa baik persepsi guru terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah dalam: 1) merencanakan kebutuhan guru, 2) mengelola kegiatan pembinaan dan pengembangan profesional guru, dan 3) mengelola pemberian kesejahteraan guru. J enis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru SMK N 1 Painan yang berjumlah 96 orang dengan sampel 50 orang guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Alat pengumpulan data adalah angket dengan model skala likert yang teruji validitas dan reliabilitas. Angket ini telah diuji cobakan dengan bantuan SPSS 25.0, dengan hasil 33 pemyataan valid dan 3 pemyataan invalid. Uji reliabilitas dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% dengan r tabel 0,632 dan didapat r hitung 0,980, yang artinya instrumen penelitian dinyatakan reliabel. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan rumus nilai rata-rata (mean). Hasil analisis pengolahan data penelitian yaitu persepsi guru terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,9. Hasil tersebut menggambarkan bahwa persepsi guru terhadap kompetensi manajerial kepala sekolah dalam 1) merencanakan kebutuhan guru berada pada kategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,2; 2) mengelola pembinaan dan pengembangan professional guru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4.0; 3) mengelola pemberian kesejahteraan guru berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:39
Last Modified: 27 Oct 2022 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40694

Actions (login required)

View Item View Item