Ketepatan Pitch Bermain violin Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Azhari, M Syamsul (2021) Ketepatan Pitch Bermain violin Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_M_SYAMSUL_AZHARI_16232019_ 5389_2021.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan pitch bermain violin pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang. Pengumpulan data dilakukan langsung di Jurusan Sendratasik UNP, dengan melibatkan dosen biola dan beberapa mahasiswa pendidikan musik yang berfokus pada instrument mayor violin. Pentingnya mengetahui ketepatan Pitch dalam bermain violin adalah untuk terciptanya keharmonisan bunyi saat bermain, keharmonisan bunyi menjadi suatu hal yang penting dalam pertunjukan musik, karena dengan itu akan terwujudnya pertunjukan musik yang bagus dan menarik. Pada temuan awal peneliti melihat banyak sekali mahasiswa pendidikan musik UNP ketika bermain violin, memainkan violin dengan nada yang tidak tepat, dan temuan awal membuktikan adanya kesalahan pada cara mahasiswa dalam bermain viloin, mahasiswa cendrung lebih fokus kepada repertoar, dan teknik dalam membaca repertoar, sehingga mahasiswa luput terhadap ketepatan pitch dan tidak memperhatikan tunning pada violin. Peneliti menggaris bawahi penelitian dengan judul Ketepatan Pitch Bermain violin Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:00
Last Modified: 27 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40679

Actions (login required)

View Item View Item