The Use of Anecdote Stories to Enrich EFL College Students’ Vocabularies and to Reduce Their Reading Anxiety at English Department FBS UNP

Haviza, Haviza (2022) The Use of Anecdote Stories to Enrich EFL College Students’ Vocabularies and to Reduce Their Reading Anxiety at English Department FBS UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ELYA_HAVIZA_18018008_3471_2022.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperiment. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cerita Anekdot untuk memperkaya kosakata mahasiswa EFL dan untuk mengurangi kecemasan membaca mereka di jurusan bahasa Inggris. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa EFL Jurusan Bahasa Inggris FBS UNP. Sampel penelitian adalah 45 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu 25 siswa dari kelas K'2 dan 20 siswa dari kelas NK'1. Instrument penelitian ini terdiri dari tes kosa kata pre-test dan post-test dengan 100 soal jawaban singkat, serta tes kecemasan membaca. Hasil pengujian tersebut diperoleh setelah menganalisis data dengan SPSS 26 menunjukkan rata-rata nilai pre-test dan post-test pada kelas k'2 adalah 51,20 dan 56,00. Sedangkan rata-rata nilai pre-test dan post-test pada kelas NK'1 adalah 47,90 dan 52,90. Selain itu, hasil untuk kecemasan siswa setelah dilakukan tes kecemasan membaca dalam bentuk pre-test dan post-test menunjukkan bahwa 4% naik skor pada poin setuju. Awalnya pre-test ada 41% dan post-test menjadi 45% di kelas K2. Pada kelas NK'1 perbedaan terlihat pada poin sangat setuju, dengan peningkatan skor 4% dari 5% sangat setuju menjadi 9% sangat setuju. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar menggunakan anekdot sebagai media pengajaran lebih baik daripada siswa yang belajar melalui media konvensional atau media biasa. Selain itu, kecemasan membaca siswa berkurang karena banyak dari mereka memiliki kepercayaan diri untuk menjawab post-test dalam tes kecemasan membaca setelah diberikan cerita anekdot. Tingkat signifikansi 0,05 yang lebih tinggi dari uji signifikansi yaitu 0,000 dengan derajat 5 persen. Selain itu, ditemukan juga bahwa cerita anekdot dapat mengurangi kecemasan membaca mahasiswa EFL di jurusan Bahasa Inggris FBS UNP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:01
Last Modified: 27 Oct 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40677

Actions (login required)

View Item View Item