Efektifitas Media Kolase Cangkang Telur dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Mekar Sari

Zaini, Mawaddah (2022) Efektifitas Media Kolase Cangkang Telur dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Mekar Sari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_MAWADDAH_ZAINI_17005026_2584_2022.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya perkembangan kemampuan motorik halus anak di PAUD Mekar Sari, hal ini disebabkan oleh banyak faktor, diduga salah satunya karena mediap pembelajaran tidak menarik, sehingga membuat anak bosan dalam belajar. Pemilihan media pembelajaran menjadi salah satu untuk mencapai tujuan pembelajaran terutama dalam meningkatkan kemampuan motorik anak terkhusus pada motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penggunaan media kolase cangkang telur dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD Mekar Sari. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan rancangan pretest dan posttest. Populasi penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di PAUD Mekar Sari tahun ajaran 2021-2022 sebanyak 15 orang, dengan sampel penelitian 15 orang anak diambil dengan teknik purposive sampling. Analisa data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan ( 1) sebelum diberi tindakan (pretest)kemampuan motorik halus anak dikaterogikan mulai berkembang, (2) sesudah diberi tindakan (posttest) kemampuan motorik halus anak dikaterogikan berkembang dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan pada media kolase cangkang telur dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Disarankan kepada guru menggunakan media kolase cangkang telur dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Orang tua juga dapat menggunakan media pembelajaran kolase cangkang telur dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak dirumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:54
Last Modified: 27 Oct 2022 01:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40659

Actions (login required)

View Item View Item