An Analysis on The Subject-Verb Agreement Errors in Speaking Performance Made by the Second Year Students if English Department Students of UNP

Nasution, Rizkiah Nadiroh (2021) An Analysis on The Subject-Verb Agreement Errors in Speaking Performance Made by the Second Year Students if English Department Students of UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_Rizkiah_Nadiroh_Nasution_15018115_5432_2021.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan subject-verb agreement dalam penampilan berbicara siswa, mengetahui jenis-jenis kesalahan dalam penerapan subject-verb agreement, serta mencari tahu sumber kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa tahun kedua Jurusan Bahasa Inggris UNP. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif deskriptif dengan 28 siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes. Instrumen tes meliputi tes berbicara dalam bentuk laporan. Semua kesalahan yang diidentifikasi dalam subject-verb agreement dianalisis dengan menggunakan Surface Strategy Taxonomy yang diperkenalkan oleh Dulay et, al. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa berkontribusi dalam empat jenis kesalahan pada subject-verb agreement, yaitu (1) omission (38 kesalahan / 25%), (2) addition (47 kesalahan / 27%). (3) misformasion (76 kesalahan / 45%), (4) misordering (10 kesalahan / 6%). Selain itu, penelitian juga menemukan sumber kesalahan yang dilakukan siswa selama tes Speaking Report, sumber kesalahan yang sering terjadi adalah pada Intralingual transfer ada total (100 kesalahan / 57%), Interlingual transfer (45 kesalahan / 25%), communication strategy (17 kesalahan / 10%), dan yang terakhir adalah context of learning (14 kesalahan / 8%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:53
Last Modified: 27 Oct 2022 01:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40655

Actions (login required)

View Item View Item