Struktur, Kategori, dan Fungsi Sosial Pertanyaan Tradisional Manakok-nakok pada Masyarakat Kampung Kapencong Kanagarian Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Safitri, Dion Widya (2021) Struktur, Kategori, dan Fungsi Sosial Pertanyaan Tradisional Manakok-nakok pada Masyarakat Kampung Kapencong Kanagarian Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_DION_WIDYA_SAFITRI_17017033_ 5182_2021.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur pertanyaan tradisional manakok-nakok pada masyarakat Kampung Kapencong Kanagarian Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, (2) kategori Pertanyaan tradisional manakok-nakok pada Masyarakat Kampung Kapencong Kanagarian Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, (3) fungsi sosial pertanyaan tradisional manakok-nakok pada Masyarakat Kampung Kapencong Kanagarian Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah pertanyaan tradisional manakok-nakok di Kampung Kapencong, data yang dianalisis dan diperoleh adalah struktur, kategori dan Fungsi Sosial pertanyaan tradisional tersebut. inventarisasi data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: (1) studi kepustakaan. (2) studi lapangan, (3) wawancara. Selanjutnya data yang telah diinventarisasi, kemudian diklasifikasi dan dianalisis berdasarkan teori kajian struktur, kategori dan fungsi sosial pertanyaan tradisional sebagaimana yang digunakan oleh Danandjaya (1984), Sudikan (2014), Dundes (1991). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hal-hal berikut. Pertama, struktur Pertanyaan tradisional manakok-nakok pada masyarakat Kampung Kapencong Kanagarian Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan meliputi: (1) teka-teki bertentangan terdiri dari 5 data, (2) teka-teki tidak bertentangan terdiri dari 4 data. Kedua, kategori pertanyaan tradisional manakok-nakok pada masyarakat Kampung Kapencong Kanagarian Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan meliputi: (1) persamaan dengan manusia ditemukan 15 data, (2) persamaan dengan binatang ditemukan 5 data, (3) persamaan dengan benda ditemukan 7 data, (4) persamaan dengan tanaman ditemukan 3 data, (5) persamaan dengan makhluk hidup ditemukan 4 data. Ketiga, fungsi sosial Pertanyaan tradisional manakok-nakok pada masyarakat Kampung Kapencong Kanagarian Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Meliputi: (1) fungsi Mendidik ditemukan 6 data, (2) fungsi sebagai Hiburan ditemukan 4 data, dan (3) fungsi daya nalar ditemukan 7 data. Hasil penelitian ini dapat mencerminkan falsafah hidup, persepsi, dan perilaku sosial masyarakat Kampung Kapencong Kanagarian Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan sehingga penelitian ini penting untuk dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:51
Last Modified: 26 Oct 2022 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40642

Actions (login required)

View Item View Item