Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Tindak Tutur Memerintah oleh Mahasiswa Universitas Negeri Padang dari Etnis Minangkabau, Melayu, dan Batak di Kota Padang

Putri, Devanny Eka (2021) Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Tindak Tutur Memerintah oleh Mahasiswa Universitas Negeri Padang dari Etnis Minangkabau, Melayu, dan Batak di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_Devanny_Eka_Putri_17017032_4838_2021.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi, persamaan persepsi, dan perbedaan persepsi kesantunan berbahasa Indonesia dalam tindak tutur memerintah oleh mahasiswa Universitas Negeri Padang dari etnis Minangkabau, Melayu, dan Batak di kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Metode kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data berupa contoh tindak tutur memerintah yang digunakan oleh responden untuk memerintah orang yang lebih tua baik yang sudah akrab maupun belum akrab melalui kuesioner survey secara daring. Metode kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data penilaian generasi muda terhadap nilai kesantunan tindak tutur memerintah dengan strategi bertutur tertentu kepada orang yang lebih tua baik yang sudah akrab maupun belum akrab melalui kuesioner survey secara daring. Data hasil survei itu diolah berdasarkan metode statistik deskriptif. Penganalisisan data dilakukan dengan cara mengelompokkan data dengan dua tabel, yaitu tabel inventarisasi dan identifikasi data yaitu mengurutkan responden dari awal sampai akhir dan tebel klasifikasi data, yaitu mengelompokkan responden yang beretnis Minangkabau, Melayu, dan Batak. Data penelitian ini adalah yang pertama tingkat kesantunan berbahasa dari kalimat tuturan memerintah dengan lawan tutur yang lebih tua baik yang sudah akab maupun belum akrab dan data yang kedua adalah kalimat-kalimat yang digunakan untuk memerintah kepada lawan tutur yang lebih tua baik yang sudah akrab maupun belum akrab. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Padang yang merupakan penutur bahasa Indonesia dari etnis Minangkabau, Melayu, dan Batak yang berdomisili di Kota Padang. Hasil penelitian ini adalah (1) persepsi kesantunan berbahasa Indonesia dalam tindak tutur memerintah oleh mahasiswa Universitas Negeri Padang dari etmis Minangkabau, Melayu, dan Batak (2) persamaan persepsi kesantunan berbahasa Indonesia dalam tindak tutur memerintah oleh mahasiswa Universitas Negeri Padang dari etnis Minangkabau, Melayu, dan Batak (3) perbedaan persepsi kesantunan berbahasa Indonesia dalam tindak tutur memerintah oleh mahasiswa Universitas Negeri Padang dari etnis Minangkabau, Melayu, dan Batak di kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:51
Last Modified: 26 Oct 2022 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40641

Actions (login required)

View Item View Item