A Multimodal Discourse Analysis of Gender Stereotypes on a Music Video: “Confetti” by Little Mix ft. Saweetie

Kharismi, Annisa (2022) A Multimodal Discourse Analysis of Gender Stereotypes on a Music Video: “Confetti” by Little Mix ft. Saweetie. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_ANNISA_KHARISMI_18019073_5374_2022.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Video musik sebagai wacana menuntut ekspresi pembuatan kode dengan makna, yang dapat ditangkap dari berbagai aspek analisis, termasuk pola visual dan bahasa yang digunakan. Penelitian ini mengambil video musik dari Little Mix ft. Saweetie, untuk lagu berjudul Confetti, yang menampilkan isu stereotip gender pada tiga jenis gender: pria, wanita, dan queer. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengungkapkan makna representasional dari pola visual yang dibangun dalam video musik Confetti berdasarkan kategori gender dan 2) menyelidiki bahasa yang digunakan berdasarkan kategori gender dalam video musik Confetti yang diungkapkan dengan menggunakan metafungsi interpersonal. Penulis menggunakan metode campuran kualitatif dan kuantitatif berdasarkan makna representasional dalam teori pendekatan semiotik oleh Kress dan van Leeuwen (2006) dan metafungsi interpersonal dalam teori SFL oleh Matthiessen dan Halliday (2004). Hasil penelitian menunjukkan bahwa stereotip gender pria, wanita, dan queer dapat dilihat dalam proses narasi (termasuk proses aksional dan reaksional, dan keadaan lokatif) dan proses konseptual (termasuk proses klasifikasi, analitis, dan simbolis). Dalam bahasa yang digunakan yang berkaitan dengan metafungsi interpersonal, mood function yang dominan digunakan oleh laki-laki dan perempuan adalah deklaratif. Queer sebagian besar tidak menggunakan mood function yang ditemukan dalam kalimat seruan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:50
Last Modified: 26 Oct 2022 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40636

Actions (login required)

View Item View Item