Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs

Nofrialdi, Kevin (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_KEVIN_NOFRIALDI_16004020_3799_2022.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Penelitian Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs dilakukan sebagai upaya dalam mengatasi proses belajar mengajar yang diterapkan oleh guru dengan metode ceramah dan kurangnya penggunaan bahan ajar menjadi permasalahan yang ditemukan sehingga proses belajar bersifat konvensional. Oleh karena itu perlu adanya usaha untuk menyiapkan dan merancang bahan ajar yang menarik dan mudah diperoleh peserta didik yaitu bahan ajar berbasis teknologi yang mudah di akses dan dapat meningkatkan motivasi peserta didik berupa e-modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari satu orang ahli materi dan dua orang ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas VII di SMPN 1 7 Padang dengan jumlah 8 siswa untuk menguji kepraktisan produk E-Modul Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang telah dirancang. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari validator materi dan validator media, diperoleh hasil validasi materi rata-rata 4,64 dari skala 5,0 dikategorikan sangat baik, hasil validasi dari media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,9 dari skala 5,0 dikategorikan sangat baik dan hasil validitas dari media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,38 dari skala 5,0 dikategorikan sangat baik. Hasil uji praktikalitas memperoleh rata-rata 4,84 dari skala 5,0 dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa E-Modul Berbasis Multimedia Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk siswa Kelas VII SMP/MTs yang dikembangkan valid dan praktis digunakan pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:57
Last Modified: 26 Oct 2022 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40633

Actions (login required)

View Item View Item