Pengembangan E-Modul Tematik Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional pada Terna 7 di Kelas IV SD

Winanda, Khairanti (2022) Pengembangan E-Modul Tematik Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional pada Terna 7 di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_KHAIRANTI_WINANDA_18129186_2825_2022.pdf

Download (829kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya modul elektronik yang dikembangkan sendiri oleh guru dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru kelas IV SDN O 1 Baringin Anam guru hanya menggunakan buku guru dan buku siswa tematik terpadu, dimana materi yang terdapat pada buku siswa masih minim. Peserta didik yang belajar dari rumah hanya mendapatkan tugas dari guru melalui Group WA, sehingga peserta didik dalam mencari materi hanya berpatokan kepada buku siswa saja. Pada proses pembelajaran dalam menyampaikan materi guru menggunakan metode ceramah dan menuliskan di papan tulis. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dikembangkan modul elektronik Berbasis Problem Based Learning yang membuat peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Tematik Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional Pada Terna 7 Di Kelas IV SD yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research & Development. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D (four-D). Menurut Sugiyono (2016) Tahap-tahap model 4-D yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develope) dan penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Modul elektronik yang dikembangkan diuji kevalidannya oleh tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Uji praktikalitas dilakukan di SDN 01 Baringin Anam dan tahap penyebaran dilakukan di SDN 14 Salo. Hasil penelitian dari e-modul yang dikembangkan memperoleh rata-rata validasi 96% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba SDN O 1 Baringin Anam dinyatakan sangat praktis dilihat dari hasil respon guru yaitu 97,9% dengan kategori sangat praktis dan hasil respon guru kelas IV SDN 14 Salo dinyatakan sangat praktis dilihat dari hasil yaitu 95,8%. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik SDN O 1 Baringin Anam memperoleh hasil 97,26% dan SDN 14 Salo memperoleh hasil 99,5 % dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:57
Last Modified: 26 Oct 2022 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40632

Actions (login required)

View Item View Item