Konflik Sosial dalam Naskah Drama Lorong Karya Puthut Buchori dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Drama SMA kelas IX

Putra, Kharisma Eka (2021) Konflik Sosial dalam Naskah Drama Lorong Karya Puthut Buchori dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Drama SMA kelas IX. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_KHARISMA_EKA_PUTRA_17016106_5882_2021.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan; 1) bentuk konflik sosial dalam naskah drama Lorong karya Puthut Buchori, 2) dampak konflik sosial dalam naskah drama Lorong karya Puthut Buchori, 3) implikasi konflik sosial dalam naskah drama Lorong karya Puthut Buchori dalam pembalajaran teks drama kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penulis secara langsung membaca, memahami, mengidentifikasi, dan mencatat hal-hal penting mengenai konflik sosial dalam naskah drama Lorong karya Puthut Buchori dan implikasinya dalam pembelajaran teks drama kelas IX SMA. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah mengklasifikasi data , menginventarisasi data ke dalam bentuk format, menginterpretasikan data yang ditemukan, dan menyimpulkan data. Berdasarkan temuan dan pembahasan ditemukan yaitu; 1) bentuk konflik sosial: a) kemiskinan, b) kejahatan, c) disorganisasi keluarga, d) masalah generasi muda, e) peperangan, f) pelanggaran terhadap norma masyarakat, g) masalah kependudukan, h) masalah lingkungan hidup, i) birokrasi; 2) penyebab konflik sosial: a) perbedaan antar individu-individu, b) perbedaan kebudayaan, c) perbedaan kepentingan, d) perubahan sosial; 3) dampak konflik sosial: a) bertambah kuatnya rasa solidaritas kelompok, b) hancurnya kesatuan kelompok, c) adanya perubahan keprbadian, d) hancurnya nilai dan norma sosail, dan e) hilangnya harta benda (material) dan korban manusia; serta implikasinya ke dalam pembelajaran teks drama kelas IX SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:57
Last Modified: 26 Oct 2022 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40629

Actions (login required)

View Item View Item