Peningkatan Keterampilan Membuat Lilin Aromaterapi dari Cengkih Melalui Model Pembelajaran Langsung pada Anak Tunagrahita Kelas XI (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Al-Hidayah Padang)

Setangke, Finte (2022) Peningkatan Keterampilan Membuat Lilin Aromaterapi dari Cengkih Melalui Model Pembelajaran Langsung pada Anak Tunagrahita Kelas XI (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Al-Hidayah Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_FINTE_SETANGKE_18003011_4445_2022.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang dua siswa tunagrahita yang mengalami masalah kurangnya keterampilan dalam membuat lilin aromaterapi. Berdasarkan pengamatan, hal ini menunjukkan bahwa anak memiliki minat bakat dalam keterampilan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membuat lilin aromaterapi dari cengkeh menggunakan model Direct instruction untuk anak tunagrahita. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki empat kali pertemuan yang dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran keterampilan membuat lilin aromaterapi dari cengkeh untuk anak kelas XI dilakukan dengan menggunakan Direct instruction, sehingga dapat dikatakan bahwa pelaksanaan keterampilan lilin aromaterapi dari cengkeh dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Direct instruction. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan awal siswa yaitu I mendapatkan nilai 13,79% dan R 12,06. Setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil yang diperoleh siswa yaitu I mendapatkan nilai 55,17% dan R mendapatkan nilai 53,44%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II didapat hasil yang diperoleh siswa yaitu I 87,93% dan R mendapatkan nilai 82,75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:56
Last Modified: 26 Oct 2022 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40625

Actions (login required)

View Item View Item