Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terna 8 Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi

Vany, Fidella Tertia (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terna 8 Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FIDELLA_TERTIA_VANY_18129113_3276_2022.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV sejumlah 28 orang yang terdiri dari 15 orang peserta didik perempuan dan 13 orang peserta didik laki­ laki.. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing­masing siklus mempunyai tahapan, siklus satu 2x pertemuan dan siklus dua lx pertemuan. Data penelitian berupa hasilpengamatan RPP, hasil pengamatan pembelajaran tematik terpadu dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata­rata skor 86, 11 % dan pada siklus II diperoleh skor 94,44% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata­ rata yaitu 82,81% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata­rata yaitu 81,24% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 90,62% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I pada aspek sikap pada pertemuan 1 terdapat 6 orang yang berprilaku negatif kemudian aspek sikap di pertemuan 2 terdapat 5 orang yang berprilaku negatif dan disiklus ke 2 terdapat 3 orang yang berprilaku negatif dari hasil belajar aspek sikap meningkat, siklus I pada aspek pengetahuan dan keterampilan diperoleh rata­rata 77,5% (Cukup) dan pada siklus II pada hasil belajar pengetahuan dan keterampilan meningkat menjadi 86,5% (Baik). Dengan demikian model Discovery Leaming dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Oct 2022 01:56
Last Modified: 26 Oct 2022 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40623

Actions (login required)

View Item View Item