Oktrisma, Yesni (2022) Pengembangan Buku Siswa dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa SMA Negeri 3 Lengayang Kelas XI. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_3_YESNI_OKTRISMA_19175029_3560_2022.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dengan beberapa orang guru Fisika SMA di Lengayang. Kenyataan di lapangan menunjukkan kurang variatifnya model pembelajaran diterapkan. Penelitian ini perlu mengembangkan buku siswa dengan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian adalah menghasilkan buku siswa dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan abad 21 siswa SMAN 3 Lengayang kelas XI berkriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang dibutuhkan adalah model 4-D. Tahapan model 4-D terdiri dari tahapan pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Data validitas diperoleh hasil penilaian validitas produk oleh validator. Data praktikalitas diperoleh dari lembar angket praktikalitas ke guru dan siswa. Sedangkan data efektifitas di peroleh dari hasil test soal essay ke siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.MIPA1 dengan jumlah 35 orang. Teknik analisis data untuk validitas menggunakan rumus Aiken’s V, untuk praktikalitas, dan efektifitas menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan buku siswa berada pada kategori valid dengan nilai sebesar 1.295. Buku siswa ini dinyatakan praktis oleh para ahli. Uji efektivitas, didapatkan hasil bahwa 66%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku siswa yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 07:25 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 07:25 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40617 |
Actions (login required)
View Item |