Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata Kelas X SMK

Handayani, Wahyu (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata Kelas X SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_WAHYU_HANDAYANI_17205045_3410_2022.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah, penyebab utamanya yaitu perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru masih bersifat umum belum dikaitkan dengan program keahlian peserta didik. Melalui pengembangan perangkat ini, diharapkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dapat meningkat. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yaitu penelitian pengembangan dengan model Ploomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal, pengembangan atau pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Fase investigasi awal dilakukan analisis berupa analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Pada fase pengembangan atau pembuatan prototipe dilakukan perancangan produk yaitu RPP dan LKPD berbasis pendekatan realistic mathematics education program keahlian perhotelan dan jasa pariwisata kelas X SMK. Pada fase penilaian dilakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas secara terbatas. Data praktikalitas diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan RPP, wawancara guru dan peserta didik, angket praktikalitas peserta didik dan guru. Data efektivitas diperoleh dari hasil tes akhir berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) yang dikembangkan peneliti memiliki rata-rata gabungan sebesar 4,49 dari hasil validasi oleh para ahli dengan kategori Sangat Valid. (2) Rata-rata respon peserta didik dan guru terhadap perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistic mathematics education secara keseluruhan dengan rata-rata persentase sebesar 89,33% dan termasuk dalam kriteria Sangat Praktis. (3) Dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik, di peroleh persentase pencapaian kemampuan matematis sebesar 83,33% dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulan yang diperoleh bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistic mathematics education yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:49
Last Modified: 25 Oct 2022 03:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40610

Actions (login required)

View Item View Item