Pengembangan Model Pembelajaran Tari di Sekolah

Aulya, Vinna (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Tari di Sekolah. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_VINNA_AULYA_20161028_2015_2022.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kegiatan pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Koto Balingka kurang terlaksana dengan semestinya, proses belajar mengajar dilaksanakan kurang maksimal, kegiatan ektrakurikuler tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui Model yang telah digunakan di kelas IPA sekolah Menengah, 2) menghasilkan Rancangan Model Pembelajaran Tari di Sekolah, 3) memperoleh Model Pembelajaran Tari di Sekolah dan 4) menghasilkan Model Pembelajaran Tari di Sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, and disseminate). Jenis data yang dihasilkan adalah uji coba produk berupa penilaian terhadap gerakan kreatif yang dihasilkan dari model pembelajaran tari pendidikan. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri atas angket validitas oleh validate/pakar/tenaga ahli. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis validitas produk, analisis praktikalitas produk, analisis efektivitas produk. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran merancang karya tari dengan menggunakan Pengembangan Model Pembelajaran RIDAMA (Tari Pendidikan Berdasarkan Tema/ TPBT) sangat menarik perhatian siswa sehingga kegiatan pembelajaran tari mudah dipahami. Hal ini dapat dilihat dari nilai validitas Model sebesar 90,26 dengan kriteria sangat valid. Nilai praktikalitas Model oleh guru sebesar 93,4 dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan praktikalitas Model oleh siswa sebesar 98 kriteria sangat praktis. Efektivitas Model terdiri atas penilaian aktivitas siswa secara keseluruhan dengan nilai 92 dengan kriteria sangat aktif dan hasil belajar siswa aspek pengetahuan dengan nilai 97 dengan predikat sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Model Pembelajaran RIDAMA (Tari Pendidikan Berdasarkan Tema/ TPBT)yang dikembangkan adalah valid. praktis, dan efektif. Model ini dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan perangkat pembelajaran tari disekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:48
Last Modified: 25 Oct 2022 03:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40607

Actions (login required)

View Item View Item