Penerapan Strategi K-W-L (Know-What-Learned) Melalui Model Pembelajaran Aktif Bowling Campus Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII.C SMP Negeri 8 Padang

Syafniwati. B, Syafniwati. B (2022) Penerapan Strategi K-W-L (Know-What-Learned) Melalui Model Pembelajaran Aktif Bowling Campus Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII.C SMP Negeri 8 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SYAFNIWATI_B_1019774_2149_2022.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan selama melakukan kegiatan pra penelitian yaitu siswa terlihat kurang memiliki kemampuan dalam aktivitas bertanya, menyampaikan ide dan pendapat dalam suatu diskusi. Siswa lebih banyak diam dan menunggu siswa yang aktif saja untuk menyampaikan pendapat dan menjawab pertanyaan. Kurangnya aktivitas ini memang berdampak terhadap hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai dibawah ketuntasan yang ditetapkan oleh sekolah. Sehingga penulis perlu meningkatkan kemampuan mereka menguasai materi pelajaran melalui pemahaman bacaan dan keterampilan proses lainnya yang akan memberikan pengalaman belajar bagi siswa. Berdasarkan permasalahan yang ditemui di lapangan maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi K-W-L (Know-What-Learned) melalui model pembelajaran aktif bowling campus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu , peren�canaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.C SMPN 8 Padang. Instrumen penelitian yang di gunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kompetensi siswa pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor (hasil belajar). Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan dan tes hasil belajar siswa. Data hasil penelitian ini di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data siklus I dan siklus II menunjukan bahwa penerapan strategi K-W-L (Know-What-Learned) melalui model pembelajaran aktif bowling campus dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I aktivitas siswa memperoleh rata-rata 68,75%, pada siklus II menjadi 89,86%. Hasil yang diperoleh pada ranah kognitif yaitu pada siklus I rata-rata 75 % dan siklus II rata�rata 100%. Pada ranah afektif diperoleh rata-rata peningkatan pada siklus I 78,61 % dan siklus II 86,52% dan ranah psikomotor peningkatan yang terlihat yaitu siklus I 95,48% dan siklus II 99,33%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan strategi K-W-L (Know-What-Learned) melalui model pembelajaran aktif bowling campus dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, sehingga memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII.C SMP Negeri 8 Padang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:45
Last Modified: 25 Oct 2022 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40604

Actions (login required)

View Item View Item