Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) bagi Anak Diskalkulia

Zelinda, Erva Mey (2022) Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) bagi Anak Diskalkulia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Erva_Mey_Zelinda_17003120_4834_2022.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Meningkatkan Kemampuan Berhitung menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di SD Negeri 33 Gurun Panjang. Subjek dalam penelitian ini adalah anak diskalkulia kelas II SD Negeri 33 Gurun Panjang. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research dan jenis penelitian eksperimen dengan desain A-B-A. Pada desain A-B-A terdapat tiga kondisi yakni baseline (Al), intervensi (B), dan baseline (A2), pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan tes kemampuan berhitung. Dari hasil penelitian dianalisa dengan memakai teknik analisis visual memakai grafik. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa kemampuan penjumlahan anak diskalkulia meningkat setelah diberikan intervensi menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak diskalkulia yang dibuktikan melalui kecenderungan arah data pada baseline (A2) yaitu meningkat pada pertemuan ke 12 sampai 14 dengan perolehan skor 100% .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:42
Last Modified: 25 Oct 2022 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40603

Actions (login required)

View Item View Item