Gambaran Penggunaan Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di Masjid Syuhada Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Saelmon, Febri (2022) Gambaran Penggunaan Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di Masjid Syuhada Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_FEBRI_SAELMON_16005120_2720_2022.pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan pembelajaran Tahfidz Al­ Qur' an dilihat dari jumlah siswa tahfidz sebanyak 60 orang, siswa mudah dengan cepat melafalkan setiap bacaan dengan benar baik dari makhrijul huruf, tajwid, tahsin, bacaan yang santai serta mudahnya mengarahkan siswa ke teori bacaan Al­ Qur'an. Hal ini diduga ada hubungannya dengan metode talaqqi yang digunakan dalam pembelajaran Tahfidz. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penggunaan metode talaqqi pada tahfidz Al­Quran di Masjid Syuhada, pengelolaan pembelajaran tahfidz meliputi perencanaan, pelaksanaan hingga monitoring dan evaluasi pembelajaran tahfidz Qur'an di Masjid Syuhada. J enis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari informan penelitian yaitu guru tahfidz dan siswa tahfidz. Teknik pengambilan data wawancara, observasi dan dokumentasi dengan analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, serta keabsahan data hasil penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran tahfidz Al­qur' an di masjid syuhada yaitu menentukan tujuan pembelajaran, sumber pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, target hafalan dan penentuan alokasi waktu pelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al­ qur'an dengan menggunakan metode talaqqi pada tahfidz Qur'an di Masjid Syuhada yaitu meliputi tahap persiapan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap penutup pembelajaran.(3) Monitoring dan evaluasi pembelajaran tahfidz Al­qur'an di Masjid Syuhada tidak telepas dari memonitor siswa dengan karakteristik metode talaqqi itu sendiri yaitu koreksi bacaan secara langsung oleh guru dan Proses evaluasi pembelajaran metode talaqqi yaitu diadakannya wisuda tahfidz dimana murid diminta membacakan 1 (satu) juz Al­ Qur'an tepatnya padajuz ke­30 Al­Qur'an. Saran dalam penelitian ini adalah; sebaiknya pendidik tahfidz dapat menggunakan metode talaqqi dalam pembelajaran tahfidz qur'an di Masjid Syuhada Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:42
Last Modified: 25 Oct 2022 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40602

Actions (login required)

View Item View Item