Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Guided Inquiry Learning (FGIL) pada Materi Ikatan Kimia untuk Mahasiswa Kimia Tahun Pertama

Syafe’i, Suci Sukmawati (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Guided Inquiry Learning (FGIL) pada Materi Ikatan Kimia untuk Mahasiswa Kimia Tahun Pertama. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SUCI_SUKMAWATI_SYAFE’I_20176012_1940_2022.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kehadiran masa pandemi Covid-19 (corona virus disease) dan proses percepatan transformasi digital di Era Revolusi Industri 4.0. Keadaan ini menjadi tentangan bagi pelajar untuk menyesuaikan proses pembelajaran dengan model yang diterapkan. Berdasarkan hal ini maka dilakukan suatu pengembangan model pembelajaran Flipped Guided Inquiry Learning (FGIL) pada Materi Ikatan Kimia untuk mahasiswa kimia tahun pertama yang dilaksanakan dengan bantuan LMS Edmodo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas model pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Educational Design Research (EDR) yang dilaksanakan berdasarkan tahap pengembangan model Plomp. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Padang, dengan subjek penelitian yaitu dosen kimia, mahasiswa kimia tahun ketiga, dan mahasiswa kimia tahun pertama kelas NK A. Data hasil penelitian diolah menggunakan formula Aiken’V untuk uji validitas, formula persen praktikalitas untuk uji praktikalitas, formulan N-gain untuk uji efektivitas. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model yang dikembangkan memiliki nilai validitas konten dan validitas media, 0,84 dan 0.89 dengan kategori “valid”. Nilai praktikalitas dosen, praktikalitas mahasiswa di tahap small group, dan praktikalitas mahasiswa di tahap field test sebesar 94%; 89%; dan 83.2% dengan kategori “sangat praktis”. Sedangkan nilai N-Gain sebesar 35.2% dengan kategori “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektiv sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:51
Last Modified: 25 Oct 2022 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40595

Actions (login required)

View Item View Item