Potret Nilai Sosial Budaya Masyarakat Melayu Jambi dalam Novel Chan-Pi Hikayat Cinta Negeri Melayu Karya Berlian Santosa

Sri, Yanti (2022) Potret Nilai Sosial Budaya Masyarakat Melayu Jambi dalam Novel Chan-Pi Hikayat Cinta Negeri Melayu Karya Berlian Santosa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SRI_YANTI_20174035_2886_2022.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah sosial dan budaya masyarakat melayu Jambi dalam Chan-Pi Hikayat Cinta Negeri Melayu karya Berlian Santosa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai sosial dan budaya yang terdapat dalam novel Chan-Pi Hikayat Cinta Negeri Melayu. Jenis penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata, kalimat, ucapan tokoh, tindakan tokoh, tuturan atau ucapan narator yang menunjukan adanya nilai sosial budaya dalam novel Chan-Pi Hikayat Cinta Negeri Melayu. Sumber data penelitian ini adalah novel Chan-Pi Hikayat Cinta Negeri Melayu Karya Berlian Santosa. Instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah membaca dan memahami secara keseluruhan novel dilanjutkan dengan mengklasifikasikan setiap bagian novel yang termasuk potrtet nilai sosial dan budaya masyarakat melayu Jambi. Teknik pengabsahan data penelitian ini mengggunkan triangulasi antar peneliti/pakar. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan ditemukan 39 data. Dalam novel Chan-Pi Hikayat Cinta Negeri Melayu terdapat nilai sosial dan budaya yang ditunjukkan dengan adanya kehidupan masyarakat Melayu Jambi. Hasil penelitian dalam karya Berlian Santosa. Ada tujuh macam bentuk nilai sosial masyarakat Melayu Jambi dalam penelitian ini yaitu, (1) nilai tolong menolong, (2) nilai kesetian, (3) nilai tanggung jawab, (4) nilai pengabdian, (5) nilai empati (6) nilai keadilan, (7) nilai kepedulia. Kemudian ada lima macam bentuk nilai budaya masyarakat Melayu Jambi yaitu, (1) nilai hakikat hidup manusia, (2) nilai hakikat karya manusia, (3) nilai hakikat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu, (4) nilai hakikat hubungan manusia dengan alam, 5) nilai hakikat hubungan manusia dengan sesamanya. Latar tempat dalam novel Chan-Pi Hikayat Cinta Negeri Melayu karya Berlian Santosa adalah Zabak yang terletak di provinsi Jambi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:50
Last Modified: 25 Oct 2022 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40594

Actions (login required)

View Item View Item