Tinjauan komunikasi karyawan di Hotel Mersi Bukittinggi.

Zalind, Kenanga (2022) Tinjauan komunikasi karyawan di Hotel Mersi Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
A_04_KENANGA_ZALIND_18135024_3553_2022.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya miskomunikasi yang terjadi antara karyawan front office, food and beverage dan housekeeping, terkadang dengan atasan atau manager seperti kurangnya penyampaian informasi oleh manager kepada karyawan receptionist mengenai bookingan kamar tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi karyawan di Hotel Mersi Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan melibatkan informan 7 orang dan menggunakan teknik Snowball Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, komunikasi karyawan di Hotel Mersi Bukittinggi tidak berjalan dengan begitu baik, dapat dilihat dari lima indikator komunikasi yaitu komunikasi verbal, komunikasi non-verbal, komunikasi dari atas ke bawah, komunikasi dari bawah ke atas dan komunikasi lateral dan horizontal seperti sering terjadinya miskomunikasi mengenai tidak paham dan tidak terdengar informasi yang didapat, kemudian lupa membuat catatan di logbook dan karyawan yang membaca logbook mengeluh mengenai tulisan yang sulit untuk dibaca. Namun, dari komunikasi non-verbal jarang digunakan sehingga tidak ada permasalahan baik sesama rekan kerja, antar departemen maupun dengan manager.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hotel, Komunikasi, Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:49
Last Modified: 25 Oct 2022 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40588

Actions (login required)

View Item View Item