Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Serta Hubungan Pangkat Dua dan Akar Pangkat Dua Menggunakan Media Audio Visual dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 08 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Sari, Dina Walina (2022) Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Serta Hubungan Pangkat Dua dan Akar Pangkat Dua Menggunakan Media Audio Visual dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 08 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DINA_WALINA_SARI_18129168_2929_2022.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar serta kurangnya minat belajar, jarangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik minat peserta didik serta guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang dapat memupuk kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dan akar pangkat dua menggunakan media audio visual dengan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas IV. Data penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanan Pembelajaran, proses pelaksanaan dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan notes. Hasil penelitian siklus I aspek RPP adalah 91,66% (SB) meningkat pada siklus II 97,22% (SB). Pelaksanaan siklus I pada aspek aktivitas guru memperoleh rata-rata sebesar 89,06% dan meningkat pada siklus II menjadi 96,87%. Pelaksanaan siklus I pada aspek aktivitas peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 89,06% dan meningkat pada siklus II menjadi 96,87%. Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 66,95 (C), meningkat pada siklus II menjadi 86,95 (B). Dapat disimpulkan bahwa media audio visual dan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dan akar pangkat dua di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:50
Last Modified: 24 Oct 2022 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40581

Actions (login required)

View Item View Item