Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas IV SDN 02 Batuhampar Kabupaten Lima Puluh Kota

Riani, Elva (2022) Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas IV SDN 02 Batuhampar Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ELVA_RIANI_18129171_4100_2022.pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 02 Batuhampar masih berpusat kepada guru (teacher center) sehingga tidak memberikan ruang kepada peserta didik untuk membangun pengetahuannya sendiri, kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, kurang terlihatnya kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam memecahkan suatu persoalan, kurangnya keberaniaan peserta didik dalam menyampaikan pendapat, tidak adanya keinginan peserta didik untuk saling bertukar pendapat atau ide dan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share di kelas IV SDN 02 Batuhampar Kabupaten Lima Puluh Kota. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 20 orang yang terdiri 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian siklus I RPP rata-rata 83,33% dengan kualifikasi (B) dan siklus II 93,75% dengan kualifikasi (SB). Pelaksanaan proses pembelajaran aspek guru siklus I 81,25% dengan kualifikasi (B) dan siklus II 91,66% dengan kualifikasi (SB). Pelaksanaan aspek peserta didik siklus I 81,25% dengan kualifikasi (B) siklus II 91,66% dengan kualifikasi (SB). Hasil Belajar siklus I diperoleh rata-rata 78,61 dengan prediket (B) dan siklus II 88,94% dengan prediket (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu peserta didik di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:50
Last Modified: 24 Oct 2022 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40577

Actions (login required)

View Item View Item