Model Pembelajaran Sains Melalui Lingkungan Sekitar di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Keliling Danau

Ogemi, Penia Lisa (2022) Model Pembelajaran Sains Melalui Lingkungan Sekitar di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Keliling Danau. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_PENIA_LISA_OGEMI_20330022_3709_2022.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang sering terjadi di Taman Kanak-kanak terkait pembelajaran sains yang hanya menggunakan alat dan media gambar cetak, dan hanya sesekali menggunakan media nyata secara langsung sehingga membuat pembelajaran sains menjadi membosankan bagi anak serta dengan model pembelajaran yang terlalu monoton yang digunakan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana penggunaan model pembelajaran sains melalui lingkungan sekitar di taman kanak-kanak. Sehingga nantinya diperoleh hasil bagimana respon, pengetahuan anak serta antusias dalam proses pembelajaran sains. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menginterpretasikan berbagai fenomena yang terjadi dalam pengaplikasian model pembelajaran sains melalui lingkungan sekitar. Dengan Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang guru-guru taman kanak-Kanak Negeri Pembina Keliling Danau. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber terhadap pengaplikasian model pembelajaran sains melalui lingkungan sekitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada model pembelajaran sains menggunakan model pembelajaran sains melalui lingkungan sekitar dengan dengan pndekatan yang berpusat pada anak. Tahap perencanaan di buat dengan RPPH yang sesuai dengan tema dan sub tema pada pembelajaran sains dengan mengacu pada indikator yang sesuai dengan pembelajaran sains, respon anak sangat baik dan tingkat antusias anak sangat tinggi pada pembelajaran sains serta yang terakhir analasis pada pengetahuan dan minat belajar sains anak meningkat dengan belajar melalui lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:48
Last Modified: 24 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40565

Actions (login required)

View Item View Item