Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Menggunakan Model Inquiry pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terna VII di Kelas V SD

Putri, Cindy Yunalda (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Menggunakan Model Inquiry pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terna VII di Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_CINDY_YUNALDA_PUTRI_18129166_2824_2022.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa belum sepenuhnya pemanfaatan teknologi digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam pendidikan. Hal ini dilihat pada proses pembelajaran guru sudah menggunakan media pembelajaran namun hanya berupa gambar maupun slide powerpoint sehingga peserta didik belum terlibat secara aktif dalam pembelajaran maka perlu dikembangkan media pembelajaran yang membuat peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini menggunakan aplikasi Articulate Storyline dengan menggunakan model Inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Articulate Storyline menggunakan model Inquiry pada pembeajaran temarik terpadu tema VII di kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan ( dalam Sugiono, 2015) dengan tahap define, design, development dan dessimination. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan lembar angket validasi, angket respon praktikalitas guru dan angket respon praktikalitas peserta didik. Media yang dirancang divalidasi oleh tiga ahli yakni ahli materi, ahli bahasa dan ahli media serta dilakukan uji praktikalitas di SD N O 1 Baringin Anam dan SD N 14 Salo. Hasil penelitian yang diperoleh dari pembangan media pembelajaran, diperoleh basil validasi dengan nilai rata-rata 94% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dinyatakan sangat praktis dari hasil respon guru SD N O 1 Baringin Anam dengan rata-rata 97,5% dan 95% dengan kategori sangat praktis dari SD N 14 Salo. Hasil respon praktikalitas dari peserta didik SD N O 1 Baringin Anam dengan rata-rata 95,8% dengan kategori sangat praktis serta hasil respon praktikalitas peserta didik SD N 14 Salo yaitu 99% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:48
Last Modified: 24 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40559

Actions (login required)

View Item View Item