Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD

Dani, Nurhelfi Risman (2022) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NURHELFI_RISMAN_17124108_65_2022.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan bahan ajar saat pembelajaran, karena bahan ajar yang digunakan guru masih berpusat pada satu materi. Materi dalam buku siswa masih belum terlalu luas sehingga pengetahuan yang dimiliki siswa terbatas, sehingga siswa belum mampu mengembangkan aktivitas hasil belajar secara maksimal dan berdampak pada hasil belajar yang rendah.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah bahan ajar tematik terpadu berbasis model project based learning untuk meningkatkan life skill siswa pada tema 9 di kelas V yang valid, praktis dan efektif. Desain penelitian ini menggunakan four-D yang langkah-langkahnya terdiri dari define, design, development, dan disseminate (Tgiagarajan et al., 1974). Jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan langsung dari sumbernya, yaitu sekolah, guru, pakar dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriftif dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada bahan ajar yang dikembangkan. Berdasarkan hasil temuan penelitian sebuah bahan ajar yang valid dengan hasil rata-rata validasi isi RPP dan bahasa RPP yaitu 0,85 dan 0,89. Validasi bahan ajar aspek isi dan aspek bahasa diperoleh 0,8 dan 0,87. Validasi aspek grafik pada bahan ajar diperoleh 0.93. Hasil uji praktikalitas dilihat dari respon guru dan respon siswa, pada nilai kepraktisan dari respon guru I, II, III adalah 88,87%, 90,67%, dan 87,37% kategori sangat praktis, serta respon siswa sebesar 87,24% dan 88,76% kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas ditinjau dari aspek hasil belajar dilihat dari ketuntasan klasikal siswa sebesar 90,90% dan 92,30%, nilai gain score sebesar 0,60 dan 0,54 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik terpadu berbasis model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sebuah sumber belajar untuk pembelajaran tema 9 kelas V SD

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:47
Last Modified: 24 Oct 2022 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40555

Actions (login required)

View Item View Item