Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini

Hanifah, Nisaaul (2022) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NISAAUL_HANIFAH_19330019_635_2022.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan anak tentang huruf awal, pemahaman bunyi huruf dan kemampuan pengucapan kata. huruf awal merupakan fondasi dasar yang diperlukan agar anak mampu belajar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan game edukasi berbasis android sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian R & D (Research and Defelopment) dengan model ADDIE yaitu singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementasi dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Hasil yang diperoleh dari pengembangan kemampuan membaca anak melalui game edukasi berbasis android dinyatakan valid, praktis dan efektif. Intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, praktikalitas dan efektifitas. hasil validasi game edukasi dinyatakan valid dan sangat layak digunakan dengan hasil mengunakan skala Likert oleh ahli materi yaitu 93,75% dan hasil rata-rata oleh ahli media adalah 96%. Hasil Praktialitas Game Edukasi berbasis android dinyatakan sangat layak dengan hasil rata-rata persentase yaitu 96,1%. Hasil persentase efektivitas yaitu 85% dengan game edukasi dinyatakan efektif. Dapat disimpulkan bahwa game edukasi berbasisi android untuk meningkatkan kemampuan membaca anak di Raudhatul Atfhal dinyatakan valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:27
Last Modified: 24 Oct 2022 01:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40552

Actions (login required)

View Item View Item