Bentuk Busana dan Asimilasi Budaya pada Busana Penari Ronggeng dan Studi Kasus di Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Wahyuna, Wahyuna (2022) Bentuk Busana dan Asimilasi Budaya pada Busana Penari Ronggeng dan Studi Kasus di Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WAHYUNA_16075156_1189_2022.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Busana tari Ronggengdi Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Baratmemiliki perpaduan dari unsur budaya yaitu budaya Sumatera Barat (Minangkabau), Sumatera Utara dan Jawa.Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan bentuk busana penari ronggeng dan menganalisis asimilasi budaya Minang, Jawa, Batak pada busana penari ronggeng di Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan wawancara tentang Busana Penari Ronggeng di Pasaman Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwabentuk busana penari ronggeng di Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat yaituberbentuk : baju kebaya dan rok batik (unsur budaya Jawa), baju kurung dan rok songket (unsur budaya Minangkabau), dan selendang ulos (unsur budaya Batak), perpaduan busananya dapat dilihat pada saat dipakai oleh penari ronggeng. Asimilasi budaya tampak pada busana penari ronggeng di Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat yaitu unsur busaya Jawa,budaya Minang dan budaya Batak serta masyarakat Pasaman Barat bisa mempertahankan kebudayannya masing-masing dan bisa menerima asimilasi budayanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ASIMILASI BUDAYA, BUSANA, PENARI, RONGGENG
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:27
Last Modified: 24 Oct 2022 01:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40547

Actions (login required)

View Item View Item