Model Pembelajaran Akuatik Berbasis Fun Games Renang Gaya Dada pada Mahasiswa

Pratiwi, Monica Dara (2022) Model Pembelajaran Akuatik Berbasis Fun Games Renang Gaya Dada pada Mahasiswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MONICA_DARA_PRATIWI_20199093_3321_2022.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini masih ada mahasiswa yang tidak bisa berenang. Tujuan penelitian ini untuk membantu mahasiswa dapat belajar renang dengan mudah dan menyenangkan agar dapat melakukan renang gaya dada. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Borg and Gall dengan subjek penelitian mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP sebanyak 51 mahasiswa. Instrument pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli, dokumentasi, dan tes renang gaya dada. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t independent sample dan skor rater aiken. Hasil penelitian ini yaitu, pengisian angket oleh ahli renang terhadap model pembelajaran akuatik berbasis fun games renang gaya dada adalah 0,778 yang berada pada kriteria valid. Pada uji t diperoleh th 232,087 > tα 2,009 maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control dimana dengan menggunakan model pembelajaran akuatik berbasis fun games renang gaya dada memberikan pengaruh lebih besar terhadap kemampuan renang gaya dada mahasiswa dibandingkan dengan tidak menggunakan model pembelajaran akuatik berbasis fun games renang gaya dada

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:24
Last Modified: 24 Oct 2022 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40532

Actions (login required)

View Item View Item