Pengaruh Hambatan Belajar Online dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 V Koto Kampung Dalam

Harnum, Monalisa (2022) Pengaruh Hambatan Belajar Online dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 V Koto Kampung Dalam. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MONALISA_HARNUM_17205023_2929_2022.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Saat ini dunia Pendidikan juga berdampak dari pandemi Covid-19, agar proses pembelajaran terus terlakasana maka pemerintah melakukakan proses pembelajaran online. Ada banyak hambatan yang terjadi, hal ini dikarenakan tidak semua siswa mampu mengikutinya dan mempunyai fasilitas yang menunjang pembelajaran secara online. faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa dalam masa pembelajaran secara online yaitu kemandirian belajar. hasil wawancara dari beberapa siswa di SMPN 1 V Koto Kampung Dalam, karena keterbatasan waktu dalam pembelajaran online, siswa tidak mempunyai kesempatan dalam menanyakan materi yang kurang dimengerti. Dalam hal ini dapat dipahami bahwa siswa masih bergantung pada materi yang diberikan guru dan siswa tidak punya inisiatif untuk mencari sumber lainnya dalam pembelajaran matematika. Melalui penelitian ini apakah hambata belajar online dan kemandirian belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 1 V Koto Kampung Dalam. Dalam penelitian ini menggunakan gabungan penelitian ex fost facto dan penelitian deskriptif. Banyak populasi dalam penelitian ini adalah 130 siswa SMPN 1 V Koto Kampung Dalam. Sampel yang digunakan adalah 63 siswa. Data yang dihasilkan dari penelitian ini dianalisis secara statistic deskripti dan regresi linear berganda. Variabel bebas dari penelitian ini adalah hambatan belajar online dan kemandirian belajar, sedankan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil terdapat pengaruh yang signifikan dari hambatan belajar online dan kemandirian belajar siswa SMPN 1 V Koto Kampung Dalam sebesar 48,5% dan pengaruh dari luar penelitian ini sebesar 51,5%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara hambatan belajar online dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 V Koto Kampung Dalam. Siswa mampu mengatasi hambatan belajar online dalam pendemi covid-19, maka siswa tidak menganggap pembelajaran itu sulit dan kemandirian belajar siswa dapat ditingkatakan terus menerus sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Dan sebaliknya jika siswa tidak mampu mengatasi hambatan belajar online dan tidak mampu belajar secara mandiri maka hasil belajar siswa akan menjadi rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:24
Last Modified: 24 Oct 2022 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40531

Actions (login required)

View Item View Item