Perbandingan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris antara Penerapan Aplikasi E-Learning Padlet dengan Jamboard di SMA N 3 Padang

Okmawati, Mike (2022) Perbandingan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris antara Penerapan Aplikasi E-Learning Padlet dengan Jamboard di SMA N 3 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MIKE_OKMAWATI_20178032_5510_2022.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk membandingkan penerapan Padlet dan Jamboard sebagai aplikasi e-learning terhadap motivasi belajar bahasa Inggris siswa di SMA N 3 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh SMAN 3 Padang tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik kluster acak dimana siswa dikelompokkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan aplikasi Padlet dan kelas kontrol diajar dengan menggunakan aplikasi Jamboard. Pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan Padlet, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan Jamboard, (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan Padlet dan Jamboard. Dapat disimpulkan bahwa kedua aplikasi tersebut sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa. Oleh karena itu, guru disarankan agar menerapkan kedua aplikasi tersebut dan dapat menggunakannya secara bergantian untuk meningkatkan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:24
Last Modified: 24 Oct 2022 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40530

Actions (login required)

View Item View Item