Pengembangan Video Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah

Susanty, Meida (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MEIDA_SUSANTY_19330017_5211_2022.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti pada riset awal. Aspek yang belum berkembang adalah keterampilan berbicara dan karakter anak dengan menggunakan media yang kurang bervariasi dan kurang menarik bagi anak. Kebutuhan anak usia dini akan sebuah media pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan inovatif dalam pembelajaran dengan nilai Al Islam Kemuhammadiyahan sebagai kurikulum khas pada lembaga pendidikan Muhammadiyah/Aisyiyah. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran yang memuat nilai Al Islam Kemuhammadiyahan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan karakter anak usia 5-6 tahun pada TK Aisyiyah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE, yakni dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan angket untuk uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan media video pembelajaran AIK pada tahap analysis yaitu media video pembelajaran AIK untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan karakter anak sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. Tahap design dilakukan dengan menyusun kompetensi dasar dan indikator, tema, subtema dan sub�subtema dengan materi yang akan digunakan, kemudian merancang rencana pelaksanaan pembelajaran harian, pemilihan format media yang digunakan dan rancangan awal produk, mencari aset gambar, merancang storyboard, mendesain produk video pembelajaran AIK, yang disesuaikan dengan analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran, selanjutnya membuat instrumen validitas produk, instrumen praktikalitas dan instrumen efektifitas. Tahap development, menghasilkan media video pembelajaran AIK yang dinyatakan sangat valid oleh materi dengan persentase 94,28%, validasi ahli media dinyatakan sangat valid dengan persentase 93,33% dan validasi ahli bahasa dinyatakan sangat valid dengan persentase 96%. Tahap implementation, media video pembelajaran AIK dinyatakan sangat praktis dari hasil analisis respon guru dengan persentase 94,11% dan dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak dinyatakan sangat efektif dengan persentase 85,41% dan sebesar 85,5% untuk karakter anak. Tahap evalution, video pembelajaran AIK dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran. Media video pembelajaran AIK untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan karakter anak usia 5-6 tahun dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:21
Last Modified: 24 Oct 2022 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40527

Actions (login required)

View Item View Item